Tips dan Cara Mudah Membersihkan Mesin Mobil yang Aman

Tips dan Cara Mudah Membersihkan Mesin Mobil yang Aman

BlogJuragan.com, Otomotif – Sebagai pemilik mobil tentunya portal dunia otomotif akan sangat bermanfaat untuk memberikan informasi otomotif hingga tips perawatan mobil, termasuk merawat interior mobil dan ruang mesin mobil yang aman dan mudah. Terkadang sebagian pemilik mobil tentu tidak mau direpotkan dengan urusan membersihkan mesin mobil, karena ini biasanya akan dimasukkan ke dalam paket service bulanan di bengkel resmi. Ingat yah, jika paket service lengkap maka suda dipastikan Anda harus mempersipakan uang lebih dari service biasa.

Ruang mesin mobil memang menjadi salah satu area yang paling jarang disentuh dan dibersihkan oleh si pemilik mobil. Padahal, jika ruang mesin mobil ini rutin dibersihkan ini membuat komponen di dalam mesin mobil justru akan terawat yang pada akhirnya tidak cepat rusak. Namun, memang dalam membersihkan sekaligus mencuci ruang mesin mobil tidak boleh sembarang. Ini dilakukan untuk menghindari terjadi korsleting atau bisa timbul kerusakan pada komponen elektrikal mobil tersebut. Jika Anda tertarik berikut ini ada beberapa tips dan cara membersihkan hingga mencuci ruang mesin mobil yang aman

Alat Pembersih Mesin Mobil yang digunakan

  • Gegreaser (cairan pembersih khusus)
  • Sikat gigi bekas atau sikat khusus
  • Kompresor angin

Proses Pencucian Ruang Mesin Mobil

Cek letak komponen elektrikal dulu

Cek letak komponen elektrika di mesin mobil

Sebelum Anda membersihkan atau mencuci ruang mesin, maka langkah awal cari tahu posisi dan letak komponen-komponen elektrikal mobil yang ada di dalam ruang mesin tersebut. Setelah menemukan lokasinya, ECU, sekring dan komponen elektrikal lainnya dibungkus plastik sehingga tidak terkena air.

Semprot dengan air untuk bagian yang ingin dibersihkan

Semprot ruang mesin mobil dengan air

Setelah komponen elektrikal aman, Anda siapkan degreaser (cairan pembersih khusus) dan penyemprot air dan bersihkan bagian yang ingin Anda bersihkan. Sambil menyemprot air, kemudian gunakan degreaser. Kemudian sikat, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas atau sikat khusus mesin). Setelah selesai, siram kembali dengan air.

Keringkan mesin mobil dengan kompresor angin

Keringkan mesin mobil dengan kompresor angin

Setelah proses pembersihan menggunakan degreaser gunakan kompresor angin supaya air sisa pencucian turun ke bawah. Sebaiknya jangan didiamkan terlalu lama, karena nantinya bisa menimbulkan kerak.

Diamkan 2-3 jam hingga benar-benar kering

Lap dan diamkan selama 2 sampai 3 jam

Setelah dikeringkan dengan kompresor angin, diamkan dulu selama 2-3 jam. Sebaiknya jangan langsung menyalakan mobil karena dikhawatirkan bisa terjadi korsleting pada komponen yang ada karena belum terlalu kering.

Apakah cara dan tips di atas sama dengan yang biasa Anda lakukan untuk membersihkan mesin mobil? Atau Anda punya cara sendiri untuk membersihkan mesin mobil? Sharing di kolom komentar yah! Jika ingin tahu lebih banyak soal berita, informasi dan juga tips dunia otomotif terlengkap, Anda bisa kunjungi BlogJuragan.com dan langsung dipilih rubrik otomotif yang ingin Anda baca.

Sharing is caring!

One Reply to “Tips dan Cara Mudah Membersihkan Mesin Mobil yang Aman”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares