Cara Cek Mobil Lelang yang Benar

Agar Tidak Salah Pilih! Ini Dia Cara Cek Mobil Lelang yang Benar!

Apabila ingin membeli mobil dari sistem lelang, baik di Jakarta atau kota lainnya, sebaiknya Anda melakukan pengecekan unit mobil yang akan dilelang dengan teliti. Pastikan untuk hadir pada saat tahapan open house agar tidak salah menentukan pilihan dan juga untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Berbeda dengan membeli mobil bekas melalui showroom atau dealer, membeli mobil dengan cara lelang melalui balai lelangan mobil memiliki tantangan dan keunikan tersendiri. Sehingga kita harus jauh lebih teliti dalam memilih mobil yang akan kita beli. Dengan demikian kita dapat membawa pulang mobil sesuai dengan yang kita inginkan dengan harga dan kondisi yang paling baik.

Bahkan, pengecekan perlu jauh lebih detail lagi apabila kita mendapatkan mobil yang akan dilelang ditawarkan dengan harga yang cukup murah. Jika kita dapat mengetahui kondisi mobil secara detail tentunya akan dapat mendatangkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Saat ini pembelian mobil melalui balai lelang umumnya masih berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang ataupun Surabaya. Karena umumnya perusahaan balai lelang mobil masih banyak yang membuka layanan hanya di kota-kota besar.

Cara Cek Mobil Lelang
Gambar: Driver Hubler (dot) com

Jadi, untuk mendapatkan dan memenangkan mobil lelang sesuai dengan pilihan dan budget yang sudah disiapkan, maka perlu diperhatikan lebih detail pada saat melakukan pengecekan unit mobilnya. Jika Anda kurang paham atau tidak memiliki pengetahuan mengenai mobil, maka jangan ragu untuk membawa serta teman atau kerabat yang memahaminya. Dengan demikian Anda tidak akan “tertipu” dengan kondisi mobil yang Anda inginkan.

Adapun untuk melakukan pengecekan mobil pada saat open house, pastikan Anda mengecek surat-surat kendaraan juga disamping kondisi fisik dan mesinnya. Berikut  5 cara mudah memeriksa unit mobil lelang agar tidak salah pilih dan mendapatkan mobil sesuai keinginan.

Cek Kelengkapan Surat Kendaraan

Sebelum melakukan pengecekan fisik mobil, surat-surat kendaraan adalah hal yang paling krusial untuk diperiksa pertama kali. Pastikan surat kendaraan bermotor memiliki identitas yang cocok dengan unit mobil.

Caranya dengan memeriksa nomor rangka dan mesin, baik di surat kendaraan bermotor dan di unit mobil. Pastikan keduanya memiliki nomor yang cocok satu sama lain. Selain itu periksa juga kelengkapan dokumen, seperti STNK, BPKB dan Faktur pajak kendaraan yang akan dilelang.

Dokumen dan surat mobil
Gambar: Kijiji.ca

Eksterior Mobil Lelang

Setelah surat-surat kendaraan Anda pastikan tidak bermasalah, alu Anda dapat melakukan pemeriksaan untuk kondisi eksterior atau bagian luar mobil. Mobil lelang umumnya dijual dalam keadaan apa adanya tanpa dilakukan rekondisi terlebih dahulu. Sehingga secara otomatis akan memerlukan perbaikan sebelum digunakan atau dijual kembali. Apabila terdapat baret atau gores pada beberapa bagian dan tidak terlalu parah, maka itu masih bisa dikatakan normal.

Namun jika terdapat tanda-tanda kerusakan seperti bekas tabrakan pada eksterior, maka Anda harus mempertimbangkan untuk membelinya karena pastinya akan menelan biaya yang cukup besar untuk proses perbaikan. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan pada bagian kelistrikan mobil, termasuk lampu-lampu pada bagian depan dan belakang dan fitur-fiturnya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak

Periksa Interior Mobil

Hal berikutnya adalah wajib memeriksa kondisi interior mobil. Apabila tercium bau tidak sedap atau bau apek saat memasuki kabin, maka ada kemungkinan disebabkan karena terdapat panel yang basah. Periksa baik-baik di setiap sudutnya dan pastikan tidak ada bekas banjir atau bau mencurigakan lainnya. Karena, mobil bekas banjir umumnya memiliki bau apek yang khas dan meninggalkan bekas atau bercak air di beberapa panel mobil.

cek mesin mobil
Gambar: The Vehicle Broker (dot) com (dot) au

Cek mesin mobil

Lanjut menuju bagian mesin, Sebaiknya Anda pastikan mesin dalam kondisi yang kering, tidak ada kebocoran oli. Selain itu dengarkan juga suaranya apakah terdengar suara kasar atau tidak. Perhatikan juga knalpot mengeluarkan asap putih pekat atau tidak. Jika sudah ngebul, sebaiknya Anda urungkan untuk membeli mobil tersebut kecuali harganya masih masuk dengan hitungan Anda.

Cek Kenyamanan Mobil

Lalu yang terakhir, periksa juga apakah fitur-fitur pendukung kenyamanan seperti AC, Audio, Power Window, dan lainnya masih beroperasi normal atau tidak. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan harga yang pantas untuk Anda ajukan, karena fitur-fitur kenyamanan dalam kondisi tidak maksimal tentu akan memakan biaya untuk memperbaikinya.

Demikian beberapa tips untuk Anda yang ingin membeli mobil melalui balai lelang agar tidak salah pilih. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda dapat memperoleh mobil lelang murah dengan kualitas yang terbaik.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published.