Cari Tiket Pesawat Promo Online

Tips Cari Tiket Pesawat Secara Online

Pesan tiket pesawat kini tak harus datang ke bandara atau ke agen penjual tiket pesawat. Pemesanan secara online melalui aplikasi jauh lebih efisien. Apalagi banyak promo yang ditawarkan jika pesan tiket melalui aplikasi. Tetapi, untuk cari tiket pesawat promo bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang untuk melakukannya tapi susah mendapatkan kesempatannya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin mendapat tiket pesawat dengan harga promo.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Jangan hanya mengikuti atau memfollow artis-artis di media sosial instagram, twitter, atau facebook yang Anda miliki. Follow juga akun-akun resmi dari maskapai penerbangan. Dari media sosial tersebut bisa saja akan mendatangkan rejeki nomplok bagi Anda. Bukanlah uang yang dibagikan kepada Anda, tetapi informasi diskon dan promo seringkali diumumkan di media sosial tersebut.

Selagi bersantai, selingi dengan mengecek akun media sosial maskapai penerbangan tersebut. Barangkali ada diskon tiket pesawat yang cocok dan sesuai dengan waktu dan tujuan Anda bepergian.

Tips Cari Tiket Pesawat Secara Online

  1. Perhatikan Biaya Tambahan

Tidak selamanya harga tiket pesawat adalah harga All in alias sudah mencakup semua hal seperti bagasi, makan, asuransi dan lain-lain. Jika dirasa tidak memerlukan tambahan-tambahan tersebut Anda tidak perlu menerima penawaran tersebut.

Misalnya, jika Anda hanya bepergian dalam waktu yang pendek dan tidak memerlukan bagasi tambahan. Atau karena waktu terbang yang singkat sehingga Anda tidak perlu makan saat di pesawat. Cukup pastikan Anda sudah makan sebelum waktu keberangkatan.

  1. Sesuaikan Bandara yang Anda Pilih

Hilangkan persepsi bahwa memilih bandara yang terdekat akan memakan biaya trasnportasi yang lebih murah. Orang-orang berpikir jika memilih bandara yang lebih jauh akan menambah biaya transport ketika di darat. Yaitu misalnya biaya taksi atau kereta yang digunakan untuk menuju bandara tersebut. Alhasil biaya transport tersebut menambah pengeluaran yang tidak sedikit.

Selain faktor pengeluaran yang dirasa lebih banyak jika memilih bandara yang lebih jauh, ada beberapa hal lain juga. Misalnya karena menghindari kemacetan dan takut terlambat datang ke bandara. Atau jadwal keberangkatan yang ada tidak sesuai kondisi Anda misalnya terlalu malam atau terlalu pagi.

Sebenarnya hal-hal tersebut tidak selalu benar. Misalnya untuk perkiraan pengeluaran untuk transportasi yang lebih besar. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi Anda menuju bandara dan meminta diantar oleh anggota keluarga Anda. Ongkos untuk transportasi darat pun bisa ditekan dengan cara tersebut.

Sedangkan untuk menghindari kemacetan, Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu. Yaitu mengenai jarak dan waktu tempuh ke bandara. Sebisa mungkin untuk menghindari waktu macet seperti jam pulang sekolah atau jam pulang kantor. Berangkatlah lebih awal sehingga bisa sampai di bandara 1 atau 2 jam sebelum keberangkatan. Anda bisa gunakan waktu tersebut untuk mengisi perut atau beristirahat sejenak.

  1. Sabar dan Telaten

Cari tiket pesawat dengan harga dan jadwal yang sesuai memang memerlukan kesabaran dan ketelatelan. Maksudnya adalah sabar untuk menunggu waktu promo dan harga yang sesuai. Serta telaten untuk mengecek setiap saat harga-harga terbaru yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan.

Selain melalui media sosial seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pencari dan pemesanan tiket pesawat secara online. Ada banyak sekali aplikasi yang resmi. Download beberapa aplikasi tersebut agar Anda bisa membandingkan harga-harga tiket yang ditawarkan.

Cek setiap jeda waktu yang tidak terlalu panjang. Misalnya setiap 2 jam sekali. Hal tersebut dilakukan karena promo yang diadakan biasanya hanya ditawarkan dalam bebarpa jam dan kuota terbatas. Bila tidak sering cek harga, bisa saja Anda sudah terlambat karena waktu promo sudah berakhir. Atau bahkan kalah cepat dengan orang lain.

Dengan beberapa aplikasi berbeda dapat menawarkan harga untuk satu tiket dengan tujuan yang sama dan maskapai penerbangan yang sama pada saat yang sama. Anda harus jeli, sabar, dan telaten saat mengecek harga tiket tersebut satu per satu di masing-masing aplikasi.

  1. Pilih Periode Perjalanan yang Tepat

Perencanaan jadwal keberangkatan sangatlah penting untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang murah. Sebisa mungkin untuk menghindari akhir dan awal pekan. Lalu lintas udara akan padat pada waktu-waktu tersebut. Yaitu karena akhir pekan banyak digunakan orang untuk pergi berlibur. Sedangkan di awal pekan, yaitu hari senin juga dipadati orang-orang yang melakukan perjalanan bisnin.

Pilihlah hari yang cenderung tidak padat seperti hari selasa, rabu, dan kamis. Pada hari-hari tersebut maskapai penerbangan juga memasang harga yang lebih rendah dibandingkan akhir dan awal pekan.

Selain hari keberangkatan, tentukan pula jam keberangkatan. Hindari waktu sibuk antara menjelang siang hingga malam hari. Anda bisa cek di aplikasi online, biasanya harga tiket larut malam hari dan dini hari cenderung lebih murah dibandingkan waktu sibuk.

  1. Perhatikan Tujuan Penerbangan Anda

Selain memperhatikan periode atau waktu keberangkatan, perhatikan pula tujuan penerbangan Anda. Harga tiket untuk tujuan penerbangan ke kota atau negara yang ramai lalu lintas penerbangannya. Misalnya di ibu kota suatu negara, Bali, Singapura dan bebarapa tempat lain yang berpotensi padat lalu lintas penerbangan.

Pilihlah tempat yang sekiranya tidak terlalu ramai jika tujuan Anda untuk berlibur. Tak masalah dimana pun tempat wisatanya, yang penting bagus dan dapat mengurangi kepenatan pikiran.

Namun jika memang tujuan Anda adalah salah satu yang ramai dan padat dan tidak dapat diubah, lakukan pengecekan harga lebih ekstra. Lakukan lebih sering dan lebih jeli di aplikasi pemesanan tiket online. Jangan malas untuk membandingkan harga tiket dari masing-masing aplikasi. 

  1. Lebih Cepat Lebih Baik

Salah satu tips yang sangat berguna bagi yang mencari tiket pesawat secara online adalah dengan memesannya jauh-jauh hari. Terlebih jika tujuan Anda adalah tempat yang terbilang cukup padat lalu lintas penerbangannya dan harga tiketnya cenderung mahal.

Lakukan pencarian tiket sejak jauh-jauh hari dan Anda bisa menimbang-nimbang harga yang pas dan sesuai. Jika melakukan pencarian di waktu yang mepet, kemungkinan Anda tidak ada waktu untuk menimbang dan membandingkan harga tiket. Yang ada justru Anda terpaksa membeli tiket dengan harga yang mahal karena sudah terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan. Terpaksa membeli tiket tersebut karena takut tidak ada tiket yang tersisa bagi Anda.

  1. Survey Harga

Jika Anda melakukan tips sebelumnya, yaitu mencari sejak jauh-jauh hari jangan lupa untuk survey harga rata-rata terlebih dahulu. Kunjungi website resmi beberapa maskapai penerbangan dan cari tahu harga standar untuk tiket dengan tujuan yang Anda pilih.

Dengan mengetahui harga rata-rata akan sangat memudahkan Anda ketika mencari tiket secara online. Misalnya Anda sudah beberapa hari melakukan pengecekan harga lalu kemudian menemukan tiket dengan harga promo dengan harga akhir tiket yang sangat murah. Anda tahu harga tiket tersebut murah pasti karena berpatokan dengan harga standarnya dan harga tiket yang dipromokan tidak dinaikkan terlebih dahulu.

Bisa saja promo yang diberikan menawarkan potongan harga hingga 50% atau lebih, tapi dengan menaikkan harga asli tiket. Sehingga jika dihitung ulang, harganya tidak semurah yang dibayangkan. Harus lebih teliti ketika mendapati promo yang seperti itu.

Seperti itu lah cara dan tips Cari tiket pesawat agar mendapat harga diskon atau promo secara online. Jika dirasa ribet untuk melakukan semua tips di atas, lakukanlah hal yang menurut Anda paling simpel dan sangat membantu. Semoga perjalanan terbang semakin nyaman dan tidak mengganggu keuangan Anda. Selamat mencoba!

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares