thermometer

Jenis-jenis Termometer Berdasarkan Fungsinya yang Perlu Anda Diketahui

Termometer merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur suhu tubuh atau benda lainnya. Termometer terdiri dari beberapa jenis. Selain untuk mengukur suhu tubuh, termometer juga bisa digunakan untuk mengukur suhu udara atau suhu objek lain di laboratorium.

Jenis-jenis Termometer yang Perlu Diketahui

Secara umum thermometer terdiri dari 5 macam, yaitu thermometer air raksa, termometer klinis, termometer alcohol, termometer bimetal mekanik dan termometer inframerah.

1. Termometer Air Raksa

Thermometer air raksa merupakan jenis thermometer yang banyak digunakan dibandingkan dengan thermometer alcohol. Hal ini dikarenakan air raksa memiliki banyak kelebihan jika digunakan sebagai bahan pengisi thermometer. Thermometer air raksa dikenal sebagai thermometer maksimum karena mampu mengukur suhu yang sangat tinggi. Ketika air raksa memuai maka zat tersebut akan naik ke atas pipa kapiler.

termometer air raksa
Gambar: The Independent (Getty/iStock)

Sementara ketika suhu mulai menurun maka air raksa akan tetap pada posisi ketika suhu panas. Hal ini dikarenakan terdapat sebuah kontraksi yang menyendat air raksa untuk kembali ke tempat awal. Untuk dapat mengembalikan air raksa ke tempat awal, maka kita harus membolak-balikan thermometer tersebut dnegan kuat.

2. Thermometer Alkohol

Thermometer Alkohol
Gambar: Free Image UK

Thermometer alcohol merupakan thermometer zat cair yang memanfaatkan alcohol sebagai pengisinya. Alcohol ini lebih sensitive ketika memuai dibandingkan dengan air raksa sehingga terlihat perubahan volumenya lebih jelas. Thermometer alcohol dikenal sebagai thermometer minimum karena dapat mengukur suhu rendah.

3. Thermometer Bimetal Mekanik

Thermometer Bimetal Mekanik
Gambar: Schmierer

Thermometer bimetal mekanik merupakan jenis thermometer ynag trbuat dari dua buah kepingan logam yang memiliki koefisien muai yang berbeda. Jika terjadi suatu perubahan suhu, dua kepingan logam pada thermometer bimetal mekanik akan melengkung.

4. Thermometer Inframerah

Infrared Thermometer
Infrared Thermometer atau Thermogun. Gambar: Suara.com

Thermometer inframerah merupakan thermometer yang digunakan untuk mengetahui suhu yang bergerak cepat, benda yang suhunya panas, atau benda yang tidak bisa dipegang karena cukup berbahaya.

5. Thermometer Klinis

Thermometer Klinis
Gambar: Freepik

Thermometer klinis merupakan thermometer yang bisa digunakan untuk keperluan mengukur suhu badan seseorang. Cara pengukurannya bisa melalui ketiak, rongga mulut ataupun pada anus. Thermometer jenis ini terbagi menjadi dua, diantaranya termometer digital dan termometer manual.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published.