Keripik Ubi Ungu

Intip Manfaat Ubi Ungu buat Kesehatan, Yuk!

Selain tempe dan berbagai macam buah, telo atau ubi ungu juga merupakan contoh oleh-oleh khas Malang yang kerap diolah menjadi keripik dan sangat sering ditemukan di toko oleh khas Malang seperti Pia Mangkok. Umbi-umbian bertekstur lembut dan terasa manis ini rupanya memiliki segudang khasiat untuk kesehatan, selayaknya tempe dan buah-buahan lain yang diproduksi menjadi keripik. Memang, apa saja, sih, manfaat ubi ungu untuk kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Melancarkan Sistem Pencernaan

Dilansir dari Hello Sehat, ubi ungu memiliki kandungan serat yang tinggi, bahkan melebihi kentang. Serat sendiri merupakan nutrisi penting yang berguna untuk membantu kelancaran sistem pencernaan. Maka dari itu, mengonsumsi ubi ungu dapat menjadi salah satu cara untuk melancarkan pencernaan.

Membantu Kurangi Risiko Obesitas

Dengan level serat yang tergolong tinggi, tidak heran jika ubi ungu mengandung beberapa jenis serat. Salah satu serat yang begitu bermanfaat adalah pati resisten. Menurut riset, diet atau pola makan seseorang yang mengandung pati resisten dapat bantu kurangi risiko obesitas. Jadi, makan banyak ubi ungu juga bisa bantu kontrol berat badan serta kurangi risiko kelebihan berat badan.

Ubi Ungu

Mengontrol Kadar Gula Darah

Warna ungu pada telo berasal dari antosianin, senyawa alami tumbuh-tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan kuat. Nah, sebuah penelitian medis menemukan jika senyawa tersebut dapat efektif bantu menekan lonjakan gula darah setelah makan akibat resistensi insulin. Alhasil, ubi ungu bisa membantu kontrol kadar gula darah pengidap diabetes.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tak cukup serat, kandungan vitamin C, beta karoten, serta antosianin yang dimiliki ubi ungu juga berlaku sebagai senyawa aktif yang menghasilkan efek antioksidan saat dikonsumsi. Artinya, telo atau ubi ungu dapat membantu tubuh melawan radikal bebas berlebih serta peradangan dalam tubuh, yang dapat melemahkan imunitas tubuh. Di luar itu, kandungan mineral seperti magnesium, fosfor, dan mangan juga bagus untuk menjaga imunitas tubuh.

Mengurangi Gejala Arthritis

Nutrisi kompleks seperti beta karoten dan magnesium yang dimiliki ubi ungu bukan cuma berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Akan tetapi, kandungan gizi ini, serta seng dan vitamin B, dapat mencegah dan meredakan gejala radang sendi atau arthritis dan penyakit lain yang berkaitan dengan peradangan. Air rebusan telo, bahkan, bisa diaplikasikan pada area kulit sekitar persendian yang terasa nyeri akibat radang.

Mengurangi Risiko Tukak Lambung

Kandungan serat tinggi yang dimiliki ubi ungu rupanya tidak hanya bagus untuk bantu sistem pencernaan. Namun, nutrisi ini pun dapat mencegah produksi asam dalam lambung. Sehingga, ubi ungu efektif untuk mengurangi risiko tukak lambung atau timbulnya luka pada dinding lambung maupun usus.

Di samping keenam manfaat di atas, ubi ungu juga dapat melindungi seseorang dari penyakit kardiovaskular, membantu pembakaran kalori saat makan, hingga mencegah kanker. Apakah Anda pernah atau senang mengonsumsi umbi-umbian berwarna ungu ini?

Semoga informasi dalam artikel ini berguna untuk Anda, ya.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares