Tips Penting Dalam Desain Packaging Minuman

Inilah 4 Tips Penting Dalam Desain Packaging Minuman

Fungsi utama dari pengemasan adalah untuk melindungi produk, menjaga keamanan dan kualitasnya, dan memastikannya mencapai konsumen dalam kondisi yang sama seperti ketika pertama kali diproduksi dan sepanjang umur simpannya.

Kemasan makanan dan minuman dapat membingungkan bagi pengusaha makanan. Melalui artikel yang satu ini, kami akan coba. memberikan beberapa tips pengemasan untuk mereka yang memulai bisnis makanan atau mengoperasikan bisnis makanan yang ada.

Ada beberapa proses pengemasan dan teknologi yang dirancang untuk membantu meningkatkan pengukuran keamanan pangan.

Namun selain keamanan dari produk minuman Anda, memiliki desain yang menarik juga merupakan aspek yang penting demi kelangsungan penjualan.

Di jaman modern ini, citra dari sebuah packaging memainkan peranan yang penting. Konsumen cenderung lebih memilih produk yang tidak hanya berkualitas baik namun juga punya packaging yang menarik.

Simak lebih lengkapnya untuk tahu cara bagaimana menciptakan packaging minuman yang menarik!

Tentukan gaya packaging apa yang Anda ingin tampilkan

Sebaiknya lakukan riset gaya sebelum memulai proses desain. Mulai kumpulkan inspirasi packaging yang Anda sukai. Ambil foto ketika Anda berada di toko. Buat mood board di aplikasi seperti Pinterest.

Ingat, inspirasi gaya tidak bisa jadi datang dari mana pun, tidak hanya dari produk yang spesifik ada di industri yang Anda geluti.

Mungkin Anda menyukai warna kemeja tertentu, atau cetakan gorden yang ada di rumah, atau font pada papan nama sebua restoran. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa Anda tidak harus memilih ide desain untuk diri Anda sendiri, tetapi carilah untuk menciptakan desain yang ideal untuk target konsumen Anda.

Hal lain untuk mulai dipikirkan ketika Anda memulai perjalanan gaya Anda adalah materi. Anda tidak harus membuat keputusan apa pun sekarang, tetapi Anda ingin mulai memperhatikan opsi yang berbeda.

Menentukan biaya produksi juga tak kalah penting

Anggaran desain kemasan dibagi menjadi dua kategori:

Yang pertama ada one time cost yang mencakup hal-hal seperti membayar untuk pekerjaan desain, membeli stempel, pengaturan plat cetak (untuk proses cetak offset besar.) Anda membayar ini di muka, dan biasanya hanya sekali (kecuali jika Anda mengubah desain Anda).

Biaya per-item umumnya untuk bahan dan tenaga kerja. Setiap kotak akan dikenakan biaya dalam jumlah tertentu, demikian juga kertas tisu tempat Anda mengisinya dan selotip yang

Anda gunakan untuk menutupnya. Dan Anda harus membayar seseorang untuk memasukkan produk Anda ke dalam kotak untuk distribusi.

Anda akan ingin memiliki gagasan tentang seberapa besar Anda ingin menghabiskan sebelum Anda memulai proses desain. Ingatlah bahwa lebih murah tidak selalu lebih baik; membayar sedikit lebih banyak untuk materi Anda dapat meningkatkan presentasi Anda (dan harga jual Anda) dengan membuat Anda menonjol dari kompetisi.

Jaga kualitas packaging

Kemasan yang tepat dapat meningkatkan kesegaran produk dan mempertahankan penampilan, rasa, umur simpan, dan kualitasnya.

Terlepas dari resep produk minuman Anda, jika rasanya tidak segar, Anda kemungkinan besar akan kehilangan konsumen yang berpotensi loyal. Dengan barang dalam kemasan, waktu mulai dari saat produk Anda dibuat hingga waktu dikonsumsi dapat bervariasi dari hari ke tahun.

Tanggal yang digunakan pada suatu paket biasanya merupakan tanggal penjualan. Namun, karena konsumen sering menyimpan produk di rumah untuk jangka waktu sebelum mengkonsumsinya, penting kemasannya menjaga kesegaran di luar tanggal penjualan.

Terdapat pengujian dan kemajuan teknologi kemasan baru yang memungkinkan produsen makanan untuk memperpanjang umur simpan produk dan mengontrol kesegaran produk yang lebih baik termasuk pemilihan bahan yang tepat.

Untuk tahu bahan apa saja yang sekiranya tepat digunakan untuk produk Anda, silahkan cek poin sebelumnya. Namun pastikan juga bahan yang digunakan akan cocok dengan produk minuman yang Anda tawarkan.

Ketahui apa saja yang perlu dimasukkan dalam desain packaging

Sebelumnya Anda perlu tahu bahwa beberapa hal yang akan disebutkan di bawah akan menjadi sangat hal yang sangat spesifik pada produk Anda. Tetapi Anda ingin memastikan semuanya sudah beres sebelum memulai desain.

Perhatikan bahwa desain packaging yang akan Anda buat juga tergantung pada industri di mana produk Anda berada, mungkin ada beberapa hal yang Anda harus masukkan pada kemasan Anda karena alasan hukum atau kebijakan dari pihak pemerintah.

Anda akan membutuhkan:

  • Salinan tertulis

Ini dapat mencakup apa saja dari nama produk Anda hingga deskripsi hingga kata-kata yang menarik seseorang untuk membeli.

  • Citra

Ingin meletakkan foto di kemasan Anda? Anda harus menyiapkannya sebelum memulai proses desain.

  • Tanda wajib

Tergantung pada produk / industri Anda, Anda mungkin diharuskan untuk memasukkan barcode, informasi nutrisi, tanda asosiasi, dll.

  • Ketahui konten sementara apa yang Anda butuhkan

Beberapa produk, tidak terkecuali produk minuman, memiliki informasi tambahan yang perlu diletakkan di berbagai batch produk (tanggal kedaluwarsa atau nomor batch).

Anda mungkin tidak ingin mencetak ini langsung ke kemasan Anda karena akan berubah secara teratur, tetapi Anda ingin memastikan bahwa Anda menghemat ruang untuk stiker atau stempel yang akan ditempatkan di kemudian hari dengan informasi itu.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares