Alasan Mengapa Bisnis Perlu Memakai eFiling Online dalam Pelaporan Pajak Tahunan

Alasan Mengapa Bisnis Perlu Memakai eFiling Online

Efiling online bisa dibilang sebagai terobosan untuk pelaku bisnis yang anti ribet. Fasilitas akses data pajak online ini akan membantu melaporkan pembayaran pajak dan berbagai aktivitas terkait lainnya. Jadi, pelaku bisnis tidak perlu mengunjungi Kantor Pelayanan pajak (KPP) untuk melaporkan pembayaran pajak badan usaha yang dikelolanya, semua bisa dilakukan melalui aplikasi atau akses website.

Alasan Bisnis Harus Memanfaatkan eFiling Online

Wajib pajak sebenarnya bisa mendatangi Kantor Pelayanan Pajak untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) secara langsung. Namun, cara ini dinilai merepotkan karena harus menunggu antrian, lama dan belum tentu bisa selesai dalam waktu sehari.

Hal ini tentu saja berbeda halnya dengan pelaporan melalui eFiling online yang lebih mudah dan praktis. Selain itu, menggunakan e-filling bagi pelaku usaha juga memberikan berbagai dampak positif. Adapun dampak positif yang dimaksud, antara lain:

1. Memperkecil Kesalahan

Perusahaan yang wajib pajak adalah bisnis dengan omset 4.8 Milyar lebih. Berarti usaha tersebut sudah berskala besar dan berarti data laporan pajaknya juga beragam dengan angka yang tinggi. Melakukan pelaporan pajak secara online adalah keuntungan karena semua data tersebut tidak perlu dipindahkan dari kantor.

Anda akan meminimalisir resiko kesalahan pencatatan data oleh petugas yang mungkin akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Mengerjakan pajak usaha juga lebih nyaman dan lebih akurat bila dilakukan langsung di kantor.

2. Tidak Ramah Lingkungan

Pelaporan pajak secara manual menimbulkan kenaikan volume berkas di kantor pelayanan. Jika sudah demikian, proses pembukuan arsip akan semakin sulit dan merepotkan. Kertas yang digunakan pun semakin banyak dan tidak ramah lingkungan.

Kini, kian banyak perusahaan yang semakin hari semakin mengurangi pemakaian kertas dan merubahnya dalam bentuk digital. Jadi, langkah pengerjaan pajak secara online sejalan dengan usaha untuk menghemat kertas dan membangun kantor yang lebih hijau.

3. Proses Dilakukan Secara Realtime

Proses pencatatan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) atau laporan pajak akan dilakukan terus-menerus dari tahun ke tahun. Data yang sudah disimpan bisa diakses kembali sehingga bisa dibandingkan SPT tahun lalu dan tahun ini. Pemakaian cara online akan menghindari input data dari ulang lagi, kalau online bisa membuka data lama dan memperbaharuinya.

Semua pelaporan dilakukan secara real time melalui jaringan internet. Jadi, tidak akan ada keterlambatan pencatatan yang merugikan usaha Anda. Kini semua perusahaan yang sudah wajib lapor pajak bisa melakukan tugasnya untuk urusan perpajakan dari kantor tanpa harus datang ke kantor pajak, yang diperlukan hanyalah koneksi internet.

Proses Lapor Pajak Online
Gambar: Tirto ID

4. Praktis

Mengisi formulir lapor pajak secara online dapat Anda lakukan langsung melalui website DJB. Jadi, tidak ada aplikasi yang harus diinstal sehingga prosesnya akan jauh lebih praktis. Terlebih lagi, antarmuka yang ditawarkan di e-filing DJP sangan mudah dipahami bagi orang yang belum pernah mengisi form sekalipun.

Selain melakukan pelaporan SPT melalui website resmi DJP, Anda sebenarnya bisa melakukan pelaporan melalui aplikasi. Namun, ingat untuk memilih aplikasi yang terpercaya. Gunanya, tentu saja agar data-data perusahaan Anda tetap aman. Baik koneksi browser atau pemakaian aplikasi, keduanya memberikan kemudahan bagi usaha untuk mengurus kebutuhan pajaknya.

5. Lebih Akurat

Satu lagi kelebihan dari lapor pajak online adalah hasilnya yang bisa diandalkan. Kemungkinan kesalahan hitung sangat kecil karena perhitungan dilakukan secara otomatis. Ada input manual untuk mengisi bagian – bagian yang diminta, tapi sistem juga akan menghitung sendiri dan tidak selalu mengandalkan hitungan pelapor pajak.

Jadi,proses perhitungan akan lebih akurat dan diandalkan, baik datanya maupun nominal pajak yang harus dibayarkan. Cara ini bisa jadi pengganti meminta seorang akuntan untuk datang dan melakukan laporan pajak untuk bisnis Anda.

6. Komputasi Lebih Cepat

Perhitungan pajak akan sangat berpengaruh pada keuntungan bisnis. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus bisa menghitung anggaran pajak dengan cepat dan tepat. Apalagi jika bisnis yang dijalankan menghasilkan produk jadi yang dikenai pajak.

Nah, keberadaan e-filing pajak akan membantu Anda mengetahui jumlah pajak yang sudah dibayar di periode sebelumnya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah melakukan analisis dan mempertimbangkan finansial bisnis lebih matang.

7. Aman

Saat Anda melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) melalui eFiling online, maka bukti pelaporan atau Bukti Penerimaan Surat (BPS) juga akan dikirimkan secara online. Dengan demikian, akan ada rekam jejak digital yang bisa ditelusuri ketika Anda kehilangan berkas. Hal ini tentu beda dengan pelaporan manual yang akan membuat Anda lebih kerepotan ketika kehilangan berkas.

Usaha yang mengolah data pajaknya dengan cara online akan memudahkan perusahaan untuk memantau dan memeriksanya kembali. Jadi, kalaupun ada data yang kurang pas, bisa ditelusuri dan dikoreksi. Sehingga kemungkinan kesalahan cukup tinggi.

Sudah tahu manfaat e-filing bagi bisnis yang sekaligus menjadi alasan mengapa Anda harus menggunakannya? Singkatnya, eFiling online merupakan proses digitalisasi yang membuat urusan pelaporan pajak menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan demikian, tidak ada lagi alasan keterbatasan waktu hingga masalah administrasi bagi wajib pajak yang tidak melaporkan SPT-nya.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares