Solusi Sederhana untuk Atasi Masuk Angin

5 Solusi Sederhana untuk Atasi Masuk Angin

Masuk angin sering diderita oleh semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda. Gejalanya yang dirasakan umumnya sama, seperti merasa tidak enak badan untuk beraktivitas, demam dan menggigil, mual dan muntah, pusing, keringat dingin, hidung tersumbat, nyeri tenggorokan, dan perut kembung.

Masuk angin dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti perubahan suhu dan cuaca tak menentu, udara yang dingin, kelelahan, hingga telat makan, namun salah satu faktor terbesar kita rentan terserang masuk angin adalah daya tahan tubuh yang melemah.

Untungnya, masuk angin cenderung mudah dan murah untuk diobati. Simak penjelasan di bawah untuk mengetahui salah satu alternatif mengobati dan meredakan gejala masuk angin.

Solusi Mengatasi Masuk Angin secara Alami 

1. Obat herbal

Obat herbal adalah obat yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Herbal menjadi favorit kebanyakan orang karena dipercaya aman dan baik untuk kesehatan.

Tolak Angin, Obat Herbal Tradisional untuk Masuk Angin
Agung Hapsah minum Tolak Angin. (Gambar: merdeka.com)

Contoh herbal yang ampuh mengobati masuk angin adalah jahe, pala, atau kayu manis yang melegakan tenggorokan dan pernapasan orang yang sedang masuk angin. Selain itu, juga ada madu yang bersifat antibakteri dan melegakan ujung saraf tenggorokan serta menenangkan peradangan dan batuk.

2. Banyak istirahat

Bukan hanya obat, yang mengalami gejala masuk angin juga perlu untuk memiliki banyak waktu istirahat untuk memulihkan tubuh. Waktu istirahat dan tidur yang cukup sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kondisi tubuh.

banyak istirahat

Hindari kebiasaan begadang karena memberikan efek yang sangat buruk untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan waktu istirahat, maka badan akan menjadi lemas, pusing, kelelahan, bahkan bisa menimbulkan penyakit lain yang lebih serius.

3. Minum air hangat

Minum air putih hangat atau teh hangat untuk memberi rasa hangat terhadap tubuh dan melegakan tenggorokan dan perut. Jika ingin lebih cepat sembuh, kamu dapat mencampurkan teh hangat dan Tolak Angin.

minum air hangat

Pastikan juga kebutuhan akan air putih kamu terpenuhi untuk menjaga keseimbangan metabolisme  dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dengan minum air putih, cairan yang dikonsumsi dapat membantu melancarkan kerja organ-organ tubuh.

4. Pijat perut / kompres dengan air hangat

salah satu gejala dari masuk angin adalah perut kembung. Solusinya adalah dengan menerapkan pijat perut atau kompres perut dengan air hangat.

Rendam lap bersih ke dalam sebaskom air panas dan peras kelebihannya. Tempelkan kompres yang sudah menjadi hangat di atas perut selama 10-15 menit. Suhu hangat mampu melebarkan pembuluh darah sehingga membuat otot perut lebih rileks dan aliran darah menjadi lebih lancar.

Pijat perut juga dapat membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan dan menghilangkan gas di dalam perut. Tapi jangan dipraktekkan oleh ibu hamil, ya!

5. Kerokan

Kerokan menjadi pengobatan tradisional yang banyak dipilih untuk mengatasi masuk angin, dengan menggunakan koin atau alat kerok khusus dan minyak angin. Umumnya kerokan mengurangi gejala masuk angin dan diimbangi dengan beristirahat setelahnya untuk hasil yang maksimal.

Kerokan saat masuk angin
Gambar: Mayapada

Jika kesulitan mendapatkan bahan herbal tersebut, dapat mengonsumsi alternatif obat herbal yang mengandung kandungan herbal lengkap, seperti Tolak Angin. Dalam mengatasi masuk angin, terdapat beberapa bahan utama yang terkandung dalam Tolak Angin seperti jahe, daun mint, daun cengkeh, kayu ules, madu, dan adas yang terbukti aman untuk tubuh dan baik untuk kesehatan. Pilih yang punya bukti ilmiah, orang pintar minum Tolak Angin.

Tolak Angin bisa dibeli online via website resmi Sido Muncul di www.sidomunculstore.com atau Official Store Sido Muncul di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada dan JD.id.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares